Advertisement

Pilih Nomor Satu

Ad code

Iklan Hubungi Telp/WA: 0821 3402 8602

Allahumma Anta Robbi, Bacaan Doa Sayyidul Istighfar: Amalan Paling Utama

 

BERITADIGITAL.COM - Allahumma Anta Robbi yang artinya Ya Allah Engkaulah Tuhanku merupakan salah satu doa yang dikenal dengan doa Sayyidul Istighfar.

Doa ini dikenal sebagai ‘Pemimpin Istighfar’ karena mengandung kata-kata yang penuh penghormatan dan merangkum permintaan ampunan dengan kata-kata yang sangat indah dan kuat.

Sesungguh melalui bacaan allahumma anta robbi umat Muslim mengakui kelemahan dan dosa-dosa mereka, sambil berharap kepada Allah Swt agar diberikan ampunan dan dan rahmat-Nya.

Doa Sayyidul Istighfar juga mengandung pengakuan bahwa tidak ada yang dapat memberikan ampunan kecuali Allah, sebagai satu-satunya Tuhan yang Maha Pengampun.

Membaca doa allahumma anta robbi setiap pagi dan petang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Terlebih lagi menjadi amalan harian untuk senantiasa dibacakan sebagai doa dan zikir. Terlebih lagi di amalkan pada malam jumat untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt

Doa Sayyidul Istighfar merupakan doa yang paling utama sebagaimana yang diajarkan Rasulullah Saw. Sebab doa ini memiliki banyak keutamaan terutama diberikan jaminan surga bagi umat Islam, juga dilebarkan dan dilapangkan rezekinya.

Tentu saja akan diberikan ampunan dan mendapatkan perlindungan dari Allah Swt. Juga doa ini memiliki kekuatan untuk membersihkan hati dan jiwa seseorang dari beban dosa.

Berikut ini bacaan dan arti allahumma anta robbi atau doa Sayyidul Istighfar:

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ اَنْتَ .

Allahumma anta robbi laa ilaha illa anta kholaqtani wa ana 'abduka wabnu amatika wafi qobdhotika wa nashiyati biyadika amsaitu 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu a'uzu biridhoka min syarri ma shona'tu abu-u bini'matika wa abu-u bizunubi faghfirli zunubi innahu la yaghfiruz zunuba illa anta

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasib ku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai dengan kemampuanku, aku berlindung dengan rida-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku, maka ampuni dosa-dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”***

Comments

Iklan Hubungi Telp/WA: 0821 3402 8602